Jumat, 09 September 2011

Gunung Megang Luar


Desa Gunung Megang Luar ini lebih dikenal akrab oleh masyarakat Gunung Megang dengan sebutan Sosokan, namun tidak semua wilayah di Desa Gunung Megang Luar disebut Sosokan, ada juga yang sebut Kalangan, Perue, Lubuk Kemiling dan Talang. 
Sosokan adalah wilayah pemukiman awal penduduk Gunung Megang sebelum membentuk pemukiman-pemukiman baru seiring berkembangnya perekonomian masyarakat Gunung Megang.
Sosokan berbatasan langsung dengan Babatan ( wilayah pemukiman awal penduduk Gunung Megang Dalam ) yang dipisahkan oleh Danau & Bolohan ( anak / cabang sungai Lengi ), Sosokan juga dilintasi aliran sungai Lematang dari muara sungai Lengi sampai wilayah Perue, Sosokan juga dilintasi rel kereta api, tetapi cukup jauh dari pemukiman masyarakat. 
Akses masuk ke Sosokan dapat melalui jalan darat dan sungai Lematang, Jika menggunakan kendaraan roda 4 dan roda 2 dapat melalui wilayah Kalangan ( Jalan desa persis di samping SDN 4 Gunung Megang ) atau dapat juga melalui Babatan ( Desa Gunung Megang Dalam ) baik melalui jalan tengah maupun jalan darat, setelah kampung 6 desa Gunung Megang Dalam akan terlihat sebuah jembatan kecil yaitu Jembatan Bolohan yang merupakan akses masuk ke Sosokan.
Selain itu dapat juga ditempuh melalui motor air, getek, speedboat dengan menyusuri sungai Lematang. Welcome to Sosokan untuk melihat langsung aktivitas dan kebudayaannya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ucapan Terimakasih