Senin, 05 Desember 2011

Pempek Jangek

Pempek adalah salah satu makanan khas daerah Sumatera Selatan dan hampir semua warga di Sumatera Selatan dapat membuat makanan ini termasuk Kabupaten Muaraenim dan Gunung Megang khususnya.
Makanan yang berbahan baku tepung terigu dan sagu termasuk makanan yang mengenyangkan perut, coba saja makan pempek 5 pcs pasti kenyang.
Di daerah Sumatera Selatan pempek berkembang dengan segala jenis bentuk dan cara pembuatannya begitupun dengan namanya, sangat beraneka ragam. Ada pempek lenjer, kapal selam adaan, pempek panggang dll. Dalam pembuatannya pempek ini mengikuti perkembangan zaman dan selalu dimodifikasi sehingga mendapatkan jenis dan nama pempek yang baru. Ada juga pempek yang sudah lama ada, namun karena tidak terekspose atau karena jarang di jual di warung kedai makanan sehingga terlupakan.
Di Gunung Megang ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar dan Sekolah Menengha Pertama saya sering membeli jajanan pempek Jangek yang dijual oleh Ibu-ibu di pinggir sekolahan. Pempek yang berbentuk kotak dengan warna agak kuning kecoklatan dan agak kenyal ini mempunyai rasa yang berbeda dari pempek lainnya. Di lidah saya rasa  pempek ini cukup membuat saya selalu ingin mengunyahnya setiap kali saya pulang ke Gunung Megang, apalagi cuka atau kua pempeknya juga pas di lidah, biasanya saya pesan untuk dibuatkan pempek ini kepada ibu yang dulu jualan di pinggir sekolahan tadi.
So ... anda pecinta kuliner dan ingin merasakan nikmatnya pempek Jangek ini silahkan datang ke Gunung Megang dan pesan pempek Jangek ini, saya yakin anda akan melihat pemandangan yang berbeba dan dengan rasa yang berbeda ....

1 komentar:

Ucapan Terimakasih