Sabtu, 04 Februari 2012

Sungai Lengi

Selain sungai Lematang di Gunung Megang juga mengalir sungai Lengi yang merupakan salah satu anak sungai Lematang, sungai Lengi ini berasal dari gabungan sungai-sungai kecil yang mengalir di daerah hulu Gunung Megang dan bermuara di desa Gunung Megang Dalam.
Sesuai dengan namanya, warna air sungai ini memang jarang kelihatan jernih, bahkan disaat musim kemaraupun warna air sungai Lengi ini masih nampak kekuning-coklatan.
Sungai Lengi ini juga masih menyimpan beraneka ragam jenis ikan namun kondisi sekarang ini jumlahnya mulai terlihat berkurang, mungkin karena faktor cuaca dan musim kemarau yang panjang sehingga menyebabkan kekeringan atau juga karena faktor lainnya.
Sungai Lengi ini juga menjadi sumber penambangan pasir skala kecil, sebagian besar pasir dari sungai Lengi ini tidak berwarna hitam namun berwarna putih kecoklatan.
Di sepanjang aliran sungai Lengi ini sebagian besar merupakan perkebunan kelapa sawit, terutama dibagian hulu sungai.
Di atas sungai ini terdapat jembatan Lengi yang terbentang antara Kantor Polisi dan Pintu Gerbang jalan masuk ke desa Gunung Megang Dalam.
Sungai Lengi ini bermuara di sungai Lematang, di muara sungai Lengi ini terdapat hamparan pasir, biasanya di waktu sore hari saat musim kemarau banyak masyarakat Gunung Megang terutama yang muda-mudi datang kesini untuk mandi atau hanya sekedar cuci mata dan mengabadikan masa muda di muara sungai Lengi ini sambil berphoto bersama.
Bagi anda petualang sejati silahkan lakukan perjalan ekspedisi untuk mengarungi sungai lengi ini, saya tunggu kedatangannya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ucapan Terimakasih