Sabtu, 24 Desember 2011

Kantor Dinas Pendidikan Gunung Megang


Di wilayah desa Gunung Megang juga sudah lama terdapat bangunan kantor dinas pendidikan, kantor yang mengurusi dunia pendidikan di wilayah kecamatan Gunung Megang ini berada persis disebelah kantor Urusan Agama, seperti halnya kantor urusan agama, kantor ini pun sudah beroperasi cukup lama, disaat saya lulus Sekolah Dasar tahun 1991 kantor ini juga sudah beroperasi.
Pada tahun 1990an saya pernah datang dan memasuki kantor ini bersama salah seorang Ibu Guru, beruntung sekali anak seumuran saya yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar saat itu dapat melihat-lihat aktivitas dan isi kantor ini, memang saya datang kesana bukan tanpa urusan, tetapi saya mewakili sekolahan saya untuk mengikuti seleksi Cerdas Cermat tingkat Sekolah Dasar yang akan disiarkan secara live di TVRI stasiun Palembang.
Kantor dinas pendidikan ini berfungsi sebagai pusat pembinaan pendidikan dan wajib belajar, dari data yang saya dapat kantor dinas pendidikan ini mempunyai kegiatan sebagai berikut :

a. Menyusun rencana dan program kerja tahunan
b. Menyusun rencana pengurus dan pembinaan TK, SD dan wajib belajar
c. Menyusun pelaksana kegiatan TK, SD dan wajib belajar
d.Mengawasi pelaksana kegiatan TK, SD dan wajib belajar
e. Melakukan pengendalian pelaksanaan kegiatan TK, SD dan wajib belajar
f.  Melakukan penilaian pelaksana kegiatan TK, SD dan wajib belajar
g. Melakukan kegiatan pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data TK, SD dan wajib belajar
h. Melakukan Urusan Tata Usaha
i.Melakukan urusan kepegawaian kantor dinas, kepala sekolah, guru dan penjaga sekolah TK, SD dan wajib belajar
j.  Melakukan urusan sarana dan prasarana TK, SD dan wajib belajar
l.  Menyusun laporan kegiatan kantor dinas pendidikan

Kantor dinas pendidikan ini biasanya dikepalai oleh seorang kepala dinas dan dibantu oleh  beberapa pegawai dibidang administrasi, bidang pelaksana dan jabatan-jabatan fungsional lainnya.
Memang tidak ada kepentingan yang terkait langsung dengan kegiatan masyarakat Gunung Megang di kantor dinas pendidikan ini, karena kantor ini berhubungan langsung dengan pihak pelaksana belajar dan mengajar di sekolah-sekolah dalam wilayah kecamatan Gunung Megang. Namun kantor ini berperan penting dalam membina dan mengarahkan kualitas pendidikan sumberdaya manusia masyarakat Gunung Megang.

So ... bagi anda yang akan bertugas di wilayah kecamatan Gunung Megang jangan khawatir akan kualitas pendidikan di kampoeng halaman saya ini ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ucapan Terimakasih