Jumat, 06 Januari 2012

SMPN 2 Gunung Megang

Sekolahan ini adalah salah satu dari lima sekolah menengah pertama yang ada di wilayah kecamatan Gunung Megang dan sekolahan ini merupakan satu dari empat Sekolah Menegah Pertama yang berada di luar desa Gunung Megang, sekolahan yang sudah berdiri cukup lama ini berada di desa Teluk Lubuk, sebuah desa yang berada di seberang sungai Lematang dan merupakan tapal batas kecamatan Gunung Megang dengan kecamatan Talang Ubi.
Jalan akses menuju sekolah ini dapat melalui jalan raya Pendopo / Talang Ubi, jalan ini terhubung langsung dengan jalan Lintas Sumatera di desa Cinta Kasih yang masih berada di wilayah kecamatan Gunung Megang, masyarakat sekitar menyebut pertigaan jalan ini dengan sebutan “Simpang Belimbing”, Simpang Belimbing ini berada di sisi kanan jalan raya Lintas Sumatera jika datang dari kota Prabumulih, tepatnya 100 meter dari perlintasan rel kereta Api desa Cinta Kasih, jika datang dari Kota Gunung Megang maka Simpang Belimbing berada di sisi kiri jalan raya Lintas Sumatera, kurang lebih 100 meter dari pasar tradisional atau Kalangan Belimbing yang berada di seberangnya.
Dari Simpang Belimbing ini jalan terus sampai melintasi satu-satunya jembatan untuk menyeberangi sungai Lematang, itu berarti anda sudah memasuki desa Teluk Lubuk, beberapa ratus meter ke depan anda akan menjumpai sekolahan ini.
Sekolahan ini juga merupakan sekolahan yang sudah cukup lama berdiri dan telah dilakukan beberapa kali perbaikan, di sekolahan ini masih tersedia lapangan yang cukup luas untuk sarana upacara bendera dan kegiatan ekskul murid-muridnya.  
Disekolahan ini mayoritas murid-muridnya menggunakan bahasa “Penukal” suatu bahasa yang hampir mirip dengan dialek masyarakat Gunung Megang, namun mereka lebih dominan menggunakan hurup Vokal “ e’ ” hampir sama dengan bahasa “Sekayu” kabupaten Musi Banyuasin.  
“Selamat datang di SMPN 2 Gunung Megang” ... sebuah sekolahan yang terletak di suatu wilayah yang sangat dominan dengan perkebuanan karet dan pabrik pulp nya ...
  

2 komentar:

Ucapan Terimakasih